Friday, February 3, 2017

JENIS-JENIS BATERAI LAPTOP

( Laptop by Google Image )
Pada era globalisasi ini ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Penggunan teknologi semakin membantu dan memudahkan manusia untuk bekerja. Perkembangan teknologi sekarang ini yang semakin maju adalah penggunaan computer dalam kehidupan manusia. Manusia moder tidak pernah terlepas dari computer, terutama personal computer (PC) yang merupakan computer generasi keempat dalam perkembangannya.

Pada masa ini, penggunaan computer kian berkembang dengan diciptakannya laptop. Manusia tidak perlu hanya bekerja di rumah, tetapi dengan laptop manusia bekerja dimana saja dan kapanpun. Penggunaan laptop saat ini sangat pesat dalam kehidupan manusia. Laptop mampu membuat manusia tidak perlu repot lagi dalam bekerja.

Penggunaan laptop yang kian pesatnya juga berpengaruh terhadap kinerja dan komponen yang digunakan. Para Produsen yang memproduksi laptop semakin bersaing menciptakan inovasi-inovasi terbaru  guna membuat laptop semakin canggih. Mulai dari sparepart dan inovasi dalam vitur-vitur yang dimiliki. Salah satu komponen yang berperan penting adalah baterai. Baterai merupakan komponen yang sanagat penting dan vital karena merupakan penyimpan dan pemasok daya untuk laptop.

Saat ini pda umumnya terdapat tiga jenis baterai laptop yang ada di pasaran. Berbagai jenis laptop ini tentunya mempunyai kekurangan dan keunggulan masing-masing. Ketiga jenis baterai tersebut antara lain:

 A. Nicel cadmium – NiCd
Baterai NiCD merupakan baterai laptop generasi pertama. Kebanyakan pabrik zaman dahulu sering menggunajan baterai jenis ini karena membutuhkan daya kecil namun dapat memberikan outuput yang besar. Saat ini baterai jenis ini tidak dipergunakan lagi karena lebih berat dibandingkan baterai laptop yang lebih baru.

B. Nicel Metal Hybride –NiMH
Baterai NiMH masih dapat ditemukan pada laptop-laptop yang jenisnya lebih lama. Baterai ini lebih handal dibandingkan dengan baterai NiCd bahkan memiliki output yang lebih tinggi. Selain itu, baterai NiMH lebih murah untuk diproduksi dan penggunaannya lebih aman. Kelemahannya adalah baterai NiMH ini memiliki efek terhadap memori. Jika kita tidak mengosongkan daya di dalamnya, baterai jenis ini dapat mengingat daya yang tersisa dan menganggapnya menjadi acuan nol.

C. Lithium Ion – LiON
Baterai LiON ini digunakan pada laptop masa sekarang. Baterai ini memiliki keunggulan yaitu tidak memiliki efek terhadap memori dan lebih ringan dibandingkan dengan baterai-baterai terdahulu. Kekurangannya adalah harganya yang sangat mahal.
 
( Baterai LiON )
Demikian ulasan tentang jenis-jenis baterai yang terdapat pada laptop, semoga artikel ini bermanfaat. Mari saling bertukar informasi dengan memberikan komentar pada atikel di bawah ini.


No comments:

Post a Comment