Friday, February 3, 2017

biodegradable, solusi plastik ramah lingkungan

Perkembangan pertambahan penduduk di dunia semakin meningkat. Perkembangan penduduk ini berdampak pada peningkatan kepada pemenuhan makanan dan pemenuhan ketersedian air bersih, selain pemenuhan akan ketersedian tempat tinggal. Selain itu, dampak lainnya adalah pada lingkungan yaitu bertambahnya jumlah sampah. SSeperti yang kita tahu, sampah ini berasal dari sampah rumah tangga dan industri. Selain itu, yang menjadi perhatian paling penting adalah sampah plastik. Sampah plastik ini merupakan sampah yang bersifat anorganik dan tidak mudah diurai oleh bakteri sehingga memerlukan waktu yang sangat panjang mungkin bertahun-tahun untuk sepenuhnya terurai.

Darimana berasal sampah plastik tersebut?

Sampah plastik berasal dari keluarga atau industri, contohnya plastik pembungkus makanan dan minuman, ataupun bahan industri lainnya. Pemakaian plastik yang tidak terkontrol menyebabkan banyaknya bahkan menumpuknya sampah plastik. Meskipun pemerintah sudah menerapkan sitem 4R (Reduce, Reuse, Recyle, dan Replace), tetapi sampah plastik masih sja bertambah, maka diperlukanlah suatu solusi untuk menangani permasalahan sampah plastik ini.
( Sampah )
Salah satu solusinya adalah menggunakan bahan plastik biodegradable. Apa itu plastik biodegradable??

Plastikbiodegradable merupakan plastik yang dapat duraikan kembali mikroorganisme secara alami menjadi senyawa yang ramah lingkungan. Biasanya plastik konvensional berbahan dasar petroleum, gas alam, atau batu bara. Sementara plastik biodegradable terbuat dari material yang dapat diperbaharui, yaitu dari senyawa-senyawa yang terdapat dalam tanaman misalnya selulosa, kolagen, kasein, protein atau lipid yang terdapat dalam hewan.

Berdasarkan bahan baku yang dipakai, plastik biodegradabel dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu:
1. bahan baku petrokimia
2. bahan baku produk tanaman seperti pati dan selulosa.

Keuntungan dari plastik jenis ini tentunya sangat jelas, yaitu dapat mengurangi limbah plastik yang ada di Bumi. Bagaimanapun, plastik ini masih memiliki kekurangan yaitu dapat menambah emisi gas CO2. Gas yang dihasilkan termasuk ke dalam gas efek rumah kaca yang akan semakin memperparah pemanasan global. Beberapa hal yang dipertimbangkan mengenai penggunaan plastik yang lebih baik adalah dengan Oxo Biodegradable (OBD) Plastics, yaitu plastik yang dapat terurai hanya dengan Oksigen dan cahaya matahari.
( Penguraian Sampah biodegradable)
Demikian ulasan tentang plastik biodegradable. Semoga dengan informasi ini kita menjadi lebih bijak dalm menggunakan plastik demi menyelamatkan bumi kita dari plastik. Contoh kecil adalah ketika ke minimarket ataukah ke pasar, kita gunakan plastik biodegradable untuk mengemas atau membungkus makanan dan minuman.

Semoga artikel ini bermanfaat, mari berbagi informasi dengan memberikan komentar di bawah artikel ini.

No comments:

Post a Comment